Penggunaan Anggaran Kabupaten Merauke Harus Disetujui Sekda

Penggunaan Anggaran Kabupaten Merauke Harus Disetujui Sekda

Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua berupa mengantisipasi serapan anggaran dengan melimpahkan kewenangan penggunaan anggaran kepada sekretaris daerah (sekda).

Persetujuan penggunaan anggaran harus diketahui dan ditandatangani oleh sekda setempat. Kebijakan ini diambil lantaran hingga kini kepala SKPD di lingkup Pemkab Merauke berstatus pelaksana tugas (plt) dan sedang mengikuti seleksi menjadi pejabat pratama, sehingga tidak memiliki kewenangan menandatangani penggunaan anggaran.

“Sesuai aturan, plt tidak bisa menandatangani penggunaan anggaran dan tandatangan kontrak. Maka dinaikan satu tingkat, oleh sekda untuk mendandatangani semua penggunaan anggaran,” kata Bupati Frederikus Gebze, Senin (19/6).

Menurutnya, kewenangan yang dilimpahkan kepada sekda didukung dengan keputusan bupati atau peraturan bupati (perbup). Dalam perbup dijabarkan, apabila plt sudah dikukuhkan dan kembali menjabat, maka kewenangan dikembalikan kepada pejabat defenitif untuk dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

Bupati Freddy menyatakan, ini salah satu mekanisme yang harus dipelajari semua ASN dan masyarakat Merauke, karena semua berawal dari oknum ASN sendiri yang ingin mempertahankan jabatannya.

Sesuai aturan, terhitung sejak 1 Januari 2017, semua jabatan kepala SKPD di Merauke didemisioner dan kepala SKPD harus mendaftar untuk mengikuti seleksi, tes wawancara, psikotes, dan pembuatan makalah.

“Satu dinas minimal tiga orang yang mengikuti seleksi. Namun yang terjadi, hanya satu-dua orang saja yang ikuti seleksi. Ini menandakan banyak yang tidak mau berkompetisi, tetapi mau berpolitisi dan ambisi hanya ingin menduduki jabatan tertentu saja,” ujarnya.

Katanya, seleksi pejabat pratama di lingkup Pemkab Merauke masih menunggu satu tahapan wawancara dan penyerahan makalah. Kemungkinan akhir semester ini semua tahapan telah rampung. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement