Sekolah Dilarang Pungut Biaya Pendaftaran Siswa Baru

Sekolah Dilarang Pungut Biaya Pendaftaran Siswa Baru

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Felix Liem Gebze

Metro Merauke – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Papua mengingatkan pihak sekolah di wilayah itu tidak memungut biaya ketika pendaftaran siswa baru, Tahun Ajaran 2017/2018 mendatang.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Felix Liem Gebze mengatakan, memungut biaya ketika pendaftaran siswa baru tidak dibenarkan, lantaran sudah terakomodir dalam dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diatur sesuai pedoman penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Katanya, jika ketahuan ada pihak sekolah yang memungut biaya pendaftaran siswa baru, dipastikan akan dikenakan sanksi, bahkan bakal berurusan dengan tim saber pungli.

“Semua sekolah, baik negeri maupun sekolah swasta yang menerima dana BOS, wajib membebaskan biaya pendaftaran siswa baru,” katanya kepada Metro Merauke, Sabtu (17/6).

Menurutnya, dalam PPDB, tidak ada ketentuan menarik biaya dalam bentuk apapun, karena dana BOS telah mengakomodir pembiayaan itu.

“Kami berharap, masyarakat mendapatkan informasi yang cukup akan hal ini untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau mau tarik biaya pendaftaran, sekolah tersebut harus menolak dana BOS,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement