TKBM Merauke Butuh Peralatan Memadai

TKBM Merauke Butuh Peralatan Memadai

Koperasi TKBM Merauke, Papua Tengah Melakukan RAT Unit Simpan Pinjam, Kamis (15/6)

Metro Merauke – Tenaga kerja bongkar muat (TKBM) Kabupaten Merauke, Papua butuh perhatian pemerintah setempat, terutama terkait seragam dan peralatan kerja memadai.

Ketua Koperasi TKBM Merauke, Yohanes Puer mengatakan, 280 anggota koperasi yang dipimpinnya selama ini bekerja di lapangan mengenakan atribut seadannya. Dengan beban kerja yang cukup berat, keselamatan dan kesehatan para TKBM perlu diprioritaskan.

“TKBM butuh seragam dan peralatan kerja yang memadai dan sesuai standar ketentuan. Sejauh ini mereka bekerja dengan kondisi apa adanya. Padahal sebagai penjual jasa, pekerjaan mereka penuh resiko,” kata Puer, Jumat (16/6).

Menurut dia, pihaknya memiliki keterbatasan dalam pemenuhan sarana kebutuhan TKBM demi memaksimalkan peranan TKBM di pelabuhan. Diharapkan, ada kepedulian pemerintah, Pelindo maupun kepedulian perusahaan bongkat muat di pelabuhan untuk ikut pemperhatikan TKBM.

“Masalah ini sudah kami komunikasikan dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Merauke. Untuk memenuhi kebutuhan TKBM sesuai standar memang butuh dana yang besar,” ujarnya.

Selain membutuhkan sarana kerja memadai, Koperasi TKBM lanjut dia, juga perlu mendaftarkan 280 anggotanya sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja. “Baru separuh yang terdaftar, di sini kami juga mengalami kesulitan,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement