Serapan APBD Merauke Diharapkan Mencapai Target

Serapan APBD Merauke Diharapkan Mencapai Target

Pertemuan Monitoring Meja Penyerapan Dana Pemerintah Daerah Merauke, di Ruang Rapat Bappeda, Jumat (16/6)

Metro Merauke – Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso memimpin pertemuan monitoring meja terkait penyerapan APBD tahun ini yang dialokasikan ke setiap SKPD, Jumat (16/6).

Dari hasil monitoring diketahui, serapan anggaran diakhir tri wulan kedua yang harusnya sudah mencapai 30-40 persen, masih jauh dari harapan. Kedepan serapan anggaran diharapkan mencapai target.

“Ini bisa tercapai setelah kami lihat monitoring meja selama dua hari ini. Kalaupun belum mencapai target, harus ada langkah-langkah, agar memasuki tri wulan ketiga, penyerapan anggaran dapat dipercepat,” katanya, Jumat (16/6) di Ruang Bappeda Merauke.

Katanya, beberapa pos anggaran seharusnya sudah bisa diserap dengan cepat, namun prosesnya masih terhambat kesiapan administrasi dan beberapa kajian yang belum memenuhi syarat dalam pelelangan.

Menurutnya, berkaca pada pengalaman ini, kedepan diharapkan para pimpinan SKPD benar-benar mempersiapkan SDM, sehingga tidak butuh waktu lama melengkapi berkas persyaratan yang dapat berdampak pada serapan anggaran tidak tepat waktu yang ditentukan.

Sementara staf Bidang Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Merauke, Ruslan Ramli mengatakan, serapan anggaran masih terhambat dan jauh dari harapan. Padahal dari aspek waktu, kini berada dipenghujung tri wulan kedua.

“Kami berharap, proses lelangan pekerjaan diatas Rp500 juta, segera disampaikan seluruh pimpinan SKPD kepada bagian pengadaan barang dan jasa untuk segera dilelangkan,” katanya.

Penyebab lain yang menghambat proses lelang lanjut dia, adanya perdebatan asas legalitas pimpinan SKPD yang masih berstatus pelaksana tugas.

“Untuk mempersingkat waktu, SKPD yang tidak bermasalah segera melakukan proses lelang, ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement