Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro Mengajar di Perbatasan Papua

Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro Mengajar di Perbatasan Papua

Ilustrasi kegiatan tentara di perbatasan - Prajurit TNI mengajar cara mandi yang baik kepada anak-anak di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini, di Kampung Sach, Distrik Waris, Keerom, Papua, Rabu (26/4) Foto: ANTARA/Indrayadi TH

Metro Merauke – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua New Guinea dari Yonif 410/Alugoro membantu meningkatkan pendidikan anak-anak dengan mengajar di SD Inpres Kampung Kwimi, Arso, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif 410/Alugoro Letkol Inf M. Heri Amrulloh ketika di hubungi dari Kota Jayapura, Jumat, mengatakan perbantuan mengajar di SD Inpres Kampung Kwimi itu dipimpin oleh Letda CKM Sapuwan dengan sejumlah angggota.

Ia mengatakan kegiatan belajar mengajar di SD Inpres Kampung Kwimi dilakukan sejak Kamis (15/6), dibawakan oleh Praka M, Makruf dan Praka Pasiran, berjalan dengan aman dan lancar.

Bahkan, ujarnya, murid-murid menyambut kegiatan itu dengan antusias.

“Penuh semangat, hal ini terlihat dengan jelas keceriaan di antara mereka,” katanya.

Menurut dia, tanggung jawab dalam meningkatkan mutu pendidikan anak-anak di sepanjang perbatasan RI-PNG itu, bukan hanya pada negara dan pemerintah.

“Tetapi kita semua ikut bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas pendidikan terhadap anak-anak yang ada di wilayah sepanjang perbatasan, karena masa depan bangsa dan negara, khususnya yang tinggal di perbatasan, ada di pundak mereka,” katanya.

Heri juga mengemukakan murid-murid SD Inpres Kampung Kwimi yang mengikuti pelajaran yang dibawakan oleh prajurit Satgas Pamtas, berjumlah 45 orang. Mereka selama ini didampingi sejumlah guru.

“Memang sedikit berbeda, anggota saya dalam membawakan materi sehingga para murid-murid senang dan ceria menerima pelajaran tersebut, karena belajar sambil bermain,” katanya.

Pada kesempatan itu, kata dia, kepada puluhan murid SD Inpres Kampung Kwimi dibagikan alat-alat tulis dan buku pelajaran atau bacaan secara simbolis yang diterima langsung oleh para murid.

“Pemberian alat-alat tulis dan buku pelajaran atau bacaan juga akan dilaksanakan oleh jajaran pos-pos Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro yang lain di sepanjang perbatasan RI-PNG,” kata Heri.

Kepala Sekolah SD Inpres Kampung Kwimi Yosua Sima Forki mengapresiasikan prakarsa prajurit TNI dari Satgas Pamtas 410/Alugoro di daerah itu.

“Terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro atas peran aktifnya dalam kegiatan mencerdaskan anak-anak sekolah yang ada di perbasatan,” katanya. (Alfian Rumagit)

Sumber: Antara

Advertisement