Miris, Tak Ada Sarana Siswa SD YPPK Kalilam Belajar di Lantai

Miris, Tak Ada Sarana Siswa SD YPPK Kalilam Belajar di Lantai

Kepsek SD YPPK Kalilam, Marianus Tondeka

Metro Merauke – Kepala Sekolah (Kepsek) SD Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik (YPPK) Kalilam, Distrik Kimaam, Kabupaten Merauke, Papua, Marianus Tondeka menyatakan, sejak dua tahun anak muridnya yang berjumlah 203 orang duduk di lantai sambil mengikuti pelajaran, karena tak ada kursi dan meja di setiap ruangan kelas.

Hal itu disampaikan Tondeka kepada Metro Merauke, Jumat (16/6) usai bertemu anggota DPRD Merauke, Tarsisius Awi. “Memang bangunan sekolah telah diperbaiki dua tahun silam. Hanya saja, tak ada pengadaan kursi maupun meja,” katanya.

Akibatnya, selama dua tahun terakhir, siswa sekolahnya terpaksa duduk di lantai sambil menerima pelajaran. Meskipun setiap ruangan berlantai keramik, namun anak-anak sangat kesulitan ketika menulis.

“Terkadang juga, saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, ada anak didik yang mengantuk, tidur di lantai. Inilah kondisi yang terjadi setiap hari di sekolah,” tuturnya.

Dikatakan, dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat distrik, telah disampaikan kondisi di sekolah yang ia pimpin. Namun, tak diresponi hingga sekarang.

“Saya sudah ke Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke, tetapi sepertinya pemerintah menutup mata,” katanya.

Katanya, meski begitu, proses belajar mengajar tetap berjalan rutin setiap hari. Apalagi tenaga guru di sekolah itu juga mencukupi, meski anak didik dengan posisi duduk menerima pelajaran. (LKF/Arjuna)

Advertisement