dr Hendra: Kartu JKN-KIS Hilang, Negara Rugi

dr Hendra: Kartu JKN-KIS Hilang, Negara Rugi

Ilustrasi Kartu JKN-KIS - IST

Metro Merauke – Kepala Kantor BPJS Cabang Merauke, Papua, dr. Hendra Jemmy Rompas mengingatkan seluruh peserta BPJS Kesehatan menjaga kartu JKN-KIS miliknya, jangan sampai hilang.

Ia mengatakan, kalau sampai kartu JKN-KIS hilang, menyebabkan kerugian besar terhadap negara, karena nominal biaya didalam kartu sangat besar dan tidak ada batasan.

“Kalau dibandingkan, nilainya tidak sebanding dengan nominal uang yang ada di ATM. Ada orang yang menjalani operasi berulang kali dan pengobatan. Sama saja menghilangkan ratusan juta. Itu ditanggung pemerintah, mohon supaya dijaga jangan sampai hilang,” katanya, Jumat (16/6).

Menurutnya, biaya pencetakan ulang kartu tidak seberapa, tetapi dampak kehilangan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan, sangat besar kerugiannya terhadap negara.

“Walaupun setiap bulan peserta membayar iuran, tetapi disaat berobat karena sakit atau menjalani operasi besar, biayanya ditanggulangi negara,” ujarnya.

Katanya, jika pemegang kartu JKN-KIS ingin mengganti kartu karena perusahaan, alamat atau perubahan dokter, silahkan disampaikan, petugas akan mengupdate data terbaru. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement