Dinas Luar, Bupati Merauke Tak Hadiri Pertemuan dengan DPRD

Dinas Luar, Bupati Merauke Tak Hadiri Pertemuan dengan DPRD

Suasana Rapat DPRD Merauke, Papua dengan Pihak Eksekutif Setempat, Kamis (15/6)

Metro Merauke – Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze tidak menghadiri pertemuan bersama DPRD Merauke dengan agenda penerapan APBD tahun 2017 dan kepastian pelantikan pejabat eselon II di lingkungan pemerintah setempat, Kamis (15/6), lantaran yang bersangkutan melakukan perjalan dinas ke luar daerah.

Sekda Merauke, Daniel Pauta mengatakan, ketidakhadiran orang nomor satu di kabupaten itu bukan lantaran yang bersangkutan tidak mau hadir, namun karena sedang melakukan perjalanan dinas ke luar daerah.

“Memang Pak Bupati Merauke tidak ada di tempat, karena tadi pagi beliau berangkat. Agendanya, besok (Jumat, 16/6), akan mengikuti rapat pemegang saham Bank Papua di Manokwari, Papua Barat,” kata Daniel Pauta, Kamis (15/6).

Sementara Ketua DPRD Merauke, Fransiskus Sirfefa mengatakan, pihaknya ingin mendengar langsung penjelasan bupati setempat terkait dua agenda penting yang akan dibahas itu.

“Ya, karena bupati tak hadir, maka semua anggota dewan sepakat membatalkan pertemuan,” ujar Fransiskus.

Meskipun Sekda Merauke, Daniel Pauta serta beberapa kepala dinas hadir dalam pertemuan mewakili pimpinan daerah setempat, namun dewan menginginkan kehadiran bupati agar dapat memberikan penjelasan secara langsung.

“Saya telah meminta kepada Sekda Merauke menyampaikan lagi kepada bupati untuk mengatur jadwal pertemuan. Karena tak bisa diwakilkan kepada pejabat lain,” katanya.

Hal serupa disampaikan anggota dewan lain, Heribertus Silubun. Menurutnya, sebulan lalu, telah ada hearing bersama pelaksana tugas (plt) Asisten III Setda Merauke, Gregorius Tuantana serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD)  terkait status sejumlah pejabat yang masih berstatus plt.

“Saat itu, kami minta agar hasil kerja yang dilakukan, dapat dilaporkan kepada dewan. Namun, sampai sekarang, tak kunjung ada laporan,” imbuhnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement