Dinkes Diminta Segera Turun ke Pegubin Usut Meninggalnya 18 Anak

Dinkes Diminta Segera Turun ke Pegubin Usut Meninggalnya 18 Anak

Ketua Fraksi Golkar DPR Papua, Ignasius W Mimin

Metro Merauke – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua diminta segera mengirim tim ke Distrik Bime, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua mengusut penyebab meninggalnya belasan anak usia 10 tahun kebawah di distrik itu sejak Mei hingga Juni ini.

Ketua Fraksi Golkar DPR Papua, Ignasius W Mimin yang merupakan perwakilan dapil Pegubin mengatakan, ia mendapat laporan dari masyarakat, kurang lebih sudah 18 orang meninggal dunia di Bime yang pada umumnya anak usia 10 tahun kebawah.

“Saya sudah menyampaikan ini kepada UP2KP agar melanjutkan ke Dinas Kesehatan Papua. Namun saya belum tahu tindaklanjutnya sampai sekarang. Dinkes Papua perlu segera menurunkan tim mencari tahu penyebab meninggalnya belasan anak itu,” kata Mimin, Rabu (14/6).

Menurutnya, penyebab meninggalnya belasan anak itu perlu dicari tahu agar langkah penanganannya tepat dan dapat segera dilakukan.

“Kalau karena penyakit harus dicari tahu jenis penyakitnya dan ditindaklajuti. Dicegah agar tidak ada korban lain. Atau kalau karena hal lain, harus diketahui dan ada langkah selanjutnya,” ujarnya.

Ia mempertanyakan dimana tenaga kesehatan yang bertugas di Distrik Bime dan peran dinas kesehatan kabupaten, sehingga masyarakat harus menyampaikan keluhan mereka kepadanya.

“Kepala distriknya harus ditanyai untuk memastikan berapa warga yang meninggal dunia. Ini harus dicek ke lapangan,” katanya. (Arjuna)

Advertisement