Garuda Indonesia Siap Genjot Ekspor Komoditas Unggulan Papua

Garuda Indonesia Siap Genjot Ekspor Komoditas Unggulan Papua

Garuda Indonesia | Foto: ©2014 merdeka.com/arie basuki

Metro Merauke – PT Garuda Indonesia Cabang Jayapura mendorong ekspor langsung komoditas andalan dari Papua ke negara tujuan. Maskapai pelat merah tersebut kini tiap hari tujuh kali melayani penerbangan dari Jayapura.

General Manager Garuda Cabang Jayapura, Mac Fee Kindengan, menjelaskan selama ini banyak produk dari Papua yang telah menjadi komoditas ekspor. Namun, proses pengepakan akhirnya selalu dilakukan di luar Papua sehingga nilai ekspornya menjadi miliki daerah tersebut.

“Sekarang dengan pesawat bisa langsung melalui Jakarta dan menuju ke negara tujuan, kalau di Makassar harus di kemas ulang dan angka ekspornya jadi punya Sulawesi Selatan,” ujarnya seperti dikutip Antara di Jayapura, Senin (12/6).

Menurut dia, Garuda Indonesia tengah berupaya agar komoditas perikanan dari Jayapura bisa langsung diekspor ke negara tujuan. Hanya masih ada kendala yang perlu dibenahi untuk memenuhi standard ekspor.

“Bea Cukai dan Karantina sudah mendukung, hanya yang jadi masalah sekarang adalah proses pengepakan untuk memenuhi standar kualitas pengekspor yang ada tingkatannya,” kata dia.

Mac Fee menilai Papua memiliki banyak komoditas yang berpotensi untuk memenuhi permintaan pasar dunia dan kini Garuda Indonesia berusaha menjembatani hal tersebut dengan rute penerbangan yang telah ada.

“Saya harapkan kita bisa ekspor langsung karena transportasi ada. Yang sekarang ini ada ekspor melalui Makassar, setiap hari ada pengiriman 5-6 ton, tapi kalau ke Jakarta paling hanya 2-3 ton,” ujarnya lagi.

Dia berharap pemerintah daerah bisa menyadari potensi yang ada dan turut mendorong hal tersebut dengan menyediakan fasilitas yang dbutuhkan, serta melakukan pembinaan kepada para petani atau nelayan. (bim)

Sumber: Merdeka

Advertisement