200 Hektar Lahan di Jegebob akan Ditanami Sereh Merah

200 Hektar Lahan di Jegebob akan Ditanami Sereh Merah

Koordinator Semangat Kemandirian Bersama Jaringan Nusantara (SEKBERJN) Wilayah Papua, Muhamad Rachman

Metro Merauke – Masyarakat di Distrik Jagebob, Kabupaten Merauke, Papua menyiapkan lahan seluas 200 hektar untuk pengembangan tanaman sereh merah. Bibit sereh merah akan didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur dalam waktu dekat.

Koordinator Semangat Kemandirian Bersama Jaringan Nusantara (SEKBERJN) Wilayah Papua, Muhamad Rachman kepada Metro Merauke, Rabu (13/6) mengatakan, ini merupakan program Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

“Saya diberikan tugas dan tanggungjawab sebagai koordinator.  Mulai memprogramkan berbagai kegiatan yang pro kepada rakyat,” ujarnya.

Salah satu program yang dijalankan adalah pengembangan tanaman sereh merah. Ia mengaku sudah melakukan tatap muka bersama masyarakat di Distrik Jagebob dan mereka meresponi positif pembukaan lahan seluas 200 hektar.

“Masyarakat bahkan sudah siap bekerja. Kini bibit sereh merah sedang dipesan di Surabaya. Nantinya, akan dilakukan pembibitan terlebih dahulu di lahan 10 hektar,” katanya.

Usai pemibitan kata dia, barulah dilakukan penanaman secara besar-besaran. Ia juga mengklaim telah bertemu Wakil Bupati Merauke, Sularso menyampaikan rencana tersebut, dan mendapat respon sangat positif.

“Kami akan membuat surat secara resmi kepada pemerintah terkait pembukaan lahan 200 hektar itu,” ujarnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement