Pemkab Merauke akan Bentuk Dewan Kesenian

Pemkab Merauke akan Bentuk Dewan Kesenian

Suasana Pertemuan Bupati Frederikus Gebze, Ketua TP PKK Merauke dan Masyarakat di Gedung Negara, Kabupaten Merauke, Senin (12/6)

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua akan membentuk dewan kesenian di wilayah itu. Ide ini muncul lantaran kini kesenian lokal Merauke semakin lesu.

Sangat jarang digelar pementasan kesenian daerah di masyarakat. Kalaupun ada, karena diselenggarakan dalam rangka memperingati hari-hari besar tertentu dan lebih sering dimotori pemerintah daerah setempat.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Bupati Frederikus Gebze, Ketua TP PKK Merauke bersama masyarakat, pelaku maupun pemerhati seni dan budaya di Merauke, Senin (12/6).

Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan, demi menghidupkan, mengangkat jati diri seni dan budaya di kabupaten itu, akan dibentuk dewan kesenian yang didalamnya merupakan keterwakilan dari empat unsur yakni pelaku seni sastra, seni gerak, seni bunyi, dan seni rupa.

Freddy Gebze mengapresiasi dan menghargai para pelaku seni budaya, terlebih pribadi-pribadi yang inovatif dalam ide, gagasan untuk melahirkan dan mengembangkan seni dan budaya.

Ia berharap, mereka terus melahirkan kreatifitas seni berkualiatas, sehingga harapan untuk mengangkat kembali seni tradisi maupun seni kreasi ke depan, menjadi lebih baik.

“Dengan akan dibentuknya dewan kesenian yang didalamnya terwakili empat unsur, nantinya dapat menjadi warna baru atau gerakan baru pendorong pelestarian, kehidupan, dan perkembangan kesenian di Merauke, utamanya memajukan seni dan budaya lokal,” ujarnya.

Katanya, dengan adanya lembaga kesenian, merupakan sarana tepat menfasilitasi, mendorong dan membangun citra kesenian. Ini selaras dengan poin kedelapan visi misi Pemkab Merauke, penguatan identitas kearifan lokal.

“Melalui lembaga ini diharapkan, dapat lebih menggairahkan para pelaku seni dan budaya, mengenalkan sejak dini kepada generasi muda, sekaligus memberi ruang untuk mengembangkannya,” katanya.

Ia berharap, kesenian Merauke dengan keunikannya dapat menjadi pemikat wisatawan domestik dan asing untuk datang menyaksikannya ke Merauke atau bahkan mengkajinya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement