Cuaca Ekstrim Penyebab Kapal BBM Telat Tiba di Merauke

Cuaca Ekstrim Penyebab Kapal BBM Telat Tiba di Merauke

Ilustrasi Truk Tangki Mengangkut BBM dari Pertamina Merauke

Metro Merauke – Cuaca ekstrim yang terjadi di Laut Arafuru, Merauke Papua beberapa hari terakhir disebut penyebab terlambatnya kapal pengangkut bahan bakar minyak (BM) dari Tual, Maluku tiba di Merauke.

Kepala Pertamina Cabang Merauke, Abdul Gasing kepada wartawan menjelaskan, kapal yang membawa pasokan BBM diperkirakan, Senin (12/6) malam telah tiba di Merauke dan dipastikan stok BBM berbagai jenis tak ada masalah.

“Memang cuaca dengan gelombang tinggi ini sangat mempengaruhi pendropingan BBM. Beruntung, kapal malam ini dijadwalkan sandar, segera melakukan pembongkaran dan kemudian dilakukan pendropingan BBM,” kata Gasing, Senin (12/6).

Menurutnya, akibat cuaca buruk, kapal minyak yang membawa 1.600 ton premium dan 240 ton solar mengalami pergeseran waktu sandar atau jadwal kedatangan di Merauke molor dari biasanya.

“Kalau kondisi cuaca normal, kapal menempuh empat hari dari Tual ke Merauke. Kini dengan kondisi ombak tinggi, jarak Tual ke Merauke ditempuh dalam waktu enam hari,” ujarnya.

Meski begitu, Pertamina Merauke memastikan pasokan berbagai jenis BBM tetap aman dan stabil. Apalagi menjelang hari Raya Idul Fitri, Pertamina berkewajiban menyediakan kebutuhan BMM untuk masyarakat.

“Termasuk untuk di wilayah kabupaten lain yakni Kabupaten Mappi, Asmat dan Boven Digoel,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement