Merauke Pasok Daging Sapi ke Luar Daerah

Merauke Pasok Daging Sapi ke Luar Daerah

Rumah Pemotongan Hewan Merauke, Papua

Metro Merauke – Rumah Potong Hewan (RPH) Kabupaten Merauke, Papua setiap harinya memotong sapi hingga puluhan ekor. Selain untuk memenuhi kebutuhan di wilayah itu, daging sapi juga dikirim ke daerah lain di Papua.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Bambang Dwiatmoko mengatakan, salah satu daerah di Papua yang menjadi tujuan pengiriman daging sapi dari Merauke yakni Jayapura.

Menurutnya, permintaan daging sapi menjelang Idul Fitri meningkat. Bahkan, sejak Kamis (8/6), RPH Merauke memotong 19 ekor sapi. Jumlah ini meningkat dibanding hari biasa yang hanya maksimal 10 ekor sapi dalam sehari.

“Kalau hari-hari biasa, dalam sehari hanya berkisar 10 ekor sapi. Terhitung sejak, Kamis (8/6) jumlah sapi yang dipotong mencapai 19 ekor,” katanya kepada Metro Merauke, Jumat (9/6).

Namun kata dia, pemotongan sapi tetap harus mengacu pada ketentuan. Misalnya, dilarang memotong sapi betina produktif. Ini untuk mendukung pengembangbiakan sapi lokal di Merauke.

“Kini harga daging sapi perkilogram berkisar Rp90 ribu-Rp100 ribu, sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Dimungkinkan harga tetap stabil hingga hari raya Idul Fitri,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement