Kendaraan yang Melebihi Kecepatan Maksimum Harus Disanksi

Kendaraan yang Melebihi Kecepatan Maksimum Harus Disanksi

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Papua, Yakobus Duwiri

Metro Merauke – Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Papua, Yakobus Duwiri  mengatakan, perlu strategi mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Merauke. Salah satunya, perlu sanksi tegas kepada para pengendara yang kecepatannya melebihi batas maksimum.

Ia mengatakan, perlu komitmen bersama antara satuan lalu lintas dan dinas perhubungan untuk memastikan tanggungjawab pengendara yang melebihi batas maksimum. Ini perlu agar pengendera lebih berhati-hati ketika berkendara.

“Saya bisa ambil alih memberikan teguran, tapi kami nanti melangkahi aturan. Kalau untuk KIR kendaraan, itu tugas melekat dinas perhubungan. Saat uji kelayakan, petugas sendiri yang melakukannya,” ujarnya, Jumat (9/6).

Menurutnya, langkah kedepan dinas perhubungan akan memperbanyak sosialisasi mengenai masalah keselamatan di jalan kepada masyarakat. Jika masih ada pengendara berkendara melebihi batas maksimum akan disanksi.

“Nantinya akan ada patroli bersama pihak terkait, supaya masing-masing bertindak sesuai tupoksinya,” ujarnya.

Selain akan memberikan sanksi pengendara yang berkendara melebihi batas maksimum, nantinya penumpang yang sering duduk di truk tanpa memikirkan keselamatan akan disanksi karena berpotensi kecelakaan.

“Para sopir harus mengingatkan penumpangnya. Di Merauke ini lemahnya sanksi yang belum ditegakkan. Kalau disanksi, orang akan takut,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement