Dorong Anak-Anak di Papua untuk Membaca, Visa Donasikan Perpustakaan Anak

Dorong Anak-Anak di Papua untuk Membaca, Visa Donasikan Perpustakaan Anak

Ilustrasi perpustakaan | Foto: Istimewa

Metro Merauke – Visa, perusahaan teknologi pembayaran global berkolaborasi dan Taman Bacaan Pelangi untuk membangun sebuah perpustakaan dengan 1.300 buku di Sekolah Dasar Inpres Harapan di Sentani Timur, Papua.

Perpustakaan ini mulai beroperasi tanggal 6 Mei 2017 yang lalu, dan sudah lebih dari 300 murid menikmati buku yang disediakan. Harianto Gunawan, President Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia mengatakan literasi atau membaca merupakan dasar kecakapan hidup yang sangat penting terhadap pembangunan manusia, komunitas dan juga bangsa.

Sayangnya masih banyak terdapat sekolah di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Papua yang tidak memiliki akses terhadap buku yang berkualitas.

“Program Taman Bacaan Pelangi untuk meningkatkan semangat membaca anak-anak di Papua dan lebih mencintai buku sesuai dengan program Pemerintah di dalam percepatan pembangunan di segala bidang khususnya di bidang pendidikan untuk bagian timur Indonesia,” kata Harianto dalam keterangan pers, Kamis (8/6).

Dan menurut hasil riset Central Connecticut State University mengenai tingkat literasi di dunia, Indonesia menduduki peringkat yang cukup tinggi yaitu yang ke 60 dari 61 negara.

Sementara itu dari 34 provinsi di Indonesia, empat provinsi dari Indonesia bagian timur tercatat memiliki tingkat iliterasi paling tinggi adalah Papua (30,87), Nusa Tenggara barat (16,48), Sulawesi Barat (10,33) dan Nusa Tenggara Timur (10,13). Harianto Gunawan mengatakan, di Visa, pertumbuhan dan kemajuan adalah dasar dari semua inisiasi yang kita lakukan.

Membantu membangun perpustakaan di sekolah sehingga anak-anak dapat membaca merupakan bagian dari Visa Charitable Contributions yang bertujuan untuk mendukung komunitas sekitar kita dan memberikan kesempatan bagi karyawan kami untuk dapat memberikan kembali (giving back) melalui kegiatan sukarela (volunteering) dan philantrophy.

“Perpustakaan di Sentani ini merupakan salah satu dari sekian banyak inisiatif yang Visa lakukan di seluruh dunia untuk membantu menciptakan komunitas lokal yang lebih sehat dan aktif,” katanya. (***/Eko Sutriyanto)

Sumber: Tribunnews

Advertisement