PMI Merauke Tak Sediakan Golongan Darah AB dan Trombosit

PMI Merauke Tak Sediakan Golongan Darah AB dan Trombosit

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Merauke, Papua, dr. Paul Kalalo

Metro Merauke – Unit transfusi darah Palang Merah Indonesia (PMI) Merauke, Papua menyatakan tidak menyediakan golongan darah AB dan trombosit.

Kepala unit transfusi darah PMI Merauke, dr. Paul Kalalo mengatakan, stok golongan darah AB tidak tersedia lantaran minimnya permintaan, sedangkan trombosit tidak bisa bertahan lama ketika disimpan, maksimal hanya dua hingga tiga hari, tidak seperti darah yang bisa disimpan hingga bulanan.

“Ketika ada permintaan golongan darah AB, langkah yang kami ambil mencari keluarga atau pendonor yang golongan darahnya sesuai kebutuhan, begitu juga trombosit,” katanya, Kamis (8/6).

Menurut dia, pihaknya hanya menyediakan stok darah yang permintaannya paling banyak yakni golongan darah O dan A.

Katanya, sayang jika golongan darah AB dan trombosit disediakan, namun hingga batas waktu penyimpanan tak ada permintaan. Mau tidak mau, jika sudah melewati batas waktu penyimpanan, harus dibuang.

“Nanti terbuang percuma, tidak terpakai. Seperti beberapa hari lalu ada permintaan enam kantong darah AB dari pasien, tetapi tidak dapat kami penuhi karena tidak tersedia di PMI Merauke,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement