Moses Kaibu Ingin Festival Ndambu Kembali Digelar

Moses Kaibu Ingin Festival Ndambu Kembali Digelar

Moses Kaibu

Metro Merauke – Salah seorang putra asli Kimaam, Kabupaten Merauke, Papua, Moses Kaibu mengungkapkan, pihaknya sedang membuat proposal untuk Pemkab Merauke dan Pemprov Papua guna meminta dukungan dana agar tahun depan, pelaksanaan Festival Ndambu dapat digelar.

Ndambu yang merupakan identitas diri masyarakat di pulau terapung, nama lain Distrik Kimaam, sudah dua tahun terakhir tidak dilaksanakan. Padahal beberapa tahun silam pelaksanaan festival itu digelar rutin setiap tahun.

“Kenapa Festival Ndambu perlu dilaksanakan, karena memberikan manfaat sangat besar, baik dalam bidang pertanian maupun pendidikan,” katanya kepada Metro Merauke, Rabu (7/6).

Menurutnya, dibidang pertanian, masyarakat akan berpartisipasi dengan memamerkan hasil panen mereka mulai dari beberapa jenis umbian diantaranya kumbili, ubi jalar serta potensi daerah lainnya.

Dibidang pendidikan lanjut dia, masyarakat akan memperkenalkan kepada publik ketika pelaksanaan festival, jumlah anak dari setiap kampung yang sudah tamat SMA maupun perguruan tinggi.

“Banyak nilai positif yang akan didapat dari pesta budaya itu. Masyarakat akan berlomba menunjukkan hasil kerja kerasnya kepada publik,” ujarnya.

Katanya, jika festival akan dilaksanakan, baru dapat digelar tahun depan lantaran disesuaikan dengan jadwal panen petani di kampung-kampung di Distrik Kimaam, juga, ketersediaan anggaran yang butuh perhitungan.

“Saya sudah mendapat dukungan dari beberapa mantan pejabat Marind. Mereka meminta agar tahun depan, kegiatan itu harus sukses,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement