BPOM Merauke Sita Berbagai Makanan Rusak

BPOM Merauke Sita Berbagai Makanan Rusak

Petugas Pos BPOM Merauke Menemukan Barang yang Rusak di Salah Satu Gudang Distributor

Metro Merauke – Pos Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Merauke, Papua menyita berbagai produk makanan rusak dari berbagai lokasi ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah distributor makanan selama tiga hari terakhir.

Staf Pos Pengawasan Obat dan Makanan Merauke, Lenny R Kurningtyas mengatakan, selama sidak, Pos BPOM Merauke menemukan adanya produk makanan rusak karena digigit tikus. Seluruh produk rusak disita dan akan dimusnahkan dengan menghadirkan para pemilik barang.

“Sejauh ini tidak ditemukan adanya barang kadaluarsa, namun ada temuan sejumlah produk yang rusak karena dimakan atau digigit tikus,” katanya kepada wartawan, Rabu (7/6).

Menurut dia, pihaknya menyita barang yang rusak agar tidak sampai beredar di pasaran. Pemilik gudang juga diperingatkan memisahkan penyimpanan produk rusak dengan yang masih baik.

“Kami juga mengingatkan pemilik gudang menyekat pembatas antara produk makanan dengan produk berbau tajam,” ujarnya.

Katanya, sidak digelar guna memastikan tidak ada makanan tak layak konsumsi, tidak memiliki izin edar, dan berbahaya terhadap kesehatan beredar di pasaran.

“Sidak dilakukan pada bulan Ramadan guna menghindari peredaran produk-produk tak layak konsumsi dan berbahaya,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement