Ratusan Napi Lapas Merauke Dipindahkan

Ratusan Napi Lapas Merauke Dipindahkan

Ruangan Tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Merauke, Papua yang Baru Selesai Dibangun

Metro Merauke – Ratusan narapidana (napi) dan tahanan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II B Merauke, Papua dipindahkan ke ruang tahanan lapas yang baru, sepeken sebelum Ramadan.

Kepala Lapas Merauke, Suroto mengatakan, pemindahan dilakukan secara bertahap. Dengan difungsikannya ruang tahanan lapas yang baru berlantai dua, kini Lapas Merauke tidak lagi mengalami over kapasitas.

“Memang benar dulu Lapas Merauke over kapasitas, tapi kini tidak lagi setelah difungsikannya ruang tambahan lapas, sepekan sebelum Ramadan tahun ini,” katanya kepada Metro Merauke, Senin (5/6).

Pemindahan sebagian warga binaan kata dia, untuk memberikan rasa nyaman terhadap 241 orang penghuni lapas. Ruang lapas yang baru juga dinilai lebih memadai karena jauh lebih baik dan luas.

“Lapas Merauke kini memiliki ruangan berkapasitas 315 orang. Ini memadai untuk menampung warga binaan selama masa pembinaan dan menghindari over kapasitas,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya masih merasa perlu membehani dan meningkatkan fasilitas dan sumber daya manusia di lapas sesuai kebutuhan. Selain itu, Lapas Merauke kini butuh penambahan sebanyak 10 orang petugas untuk memaksimalkan pengawasan.

“Secara bertahap akan dilakukan rehap gedung lapas lama, mulai dari perbaikan atap, pengecatan dan perbaikan ruang tahanan yang selama ini dikeluhkan karena sering banjir jika hujan,” katanya.

Ia mengklaim, pihaknya telah mengusulkan ke pusat terkait biaya mengingat perbaikan fasilitas lapas merupakan proyek besar, sehingga harus diajukan terlebih dahulu.

“Sekarang kami melakukan pengecatan dan perbaikan atap supaya penghuni lapas merasa nyaman,” imbuhnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement

1 komentar

  1. Tolong pak jangan memandang sebelah mata Apa yg menjdi hak kami berikanlah yg sudah tercantum dalam undang tersebut banyak kami yg belum mendapatkan hak asimilasi hak PB hak CMB Hak remisi terima kasih.

    balas