Cegah Isu SARA, Polres Mappi Bertemu FKUB dan Lintas Masyarakat

Cegah Isu SARA, Polres Mappi Bertemu FKUB dan Lintas Masyarakat

Suasana Pertemuan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Pemerintah Setempat, dan Lintas Masyarakat di Aula Polres Mappi, Papua, Belum Lama Ini

Metro Merauke – Melihat dinamika yang terjadi di berbagai wilayah di luar Papua dan Papua belakang ini, Polres Mappi, Papua berupaya meminimalisir dan mencegah munculnya isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) di wilayah hukumnya.

Salah satu langkah kepolisian setempat, dengan menggelar pertemuan bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), pihak pemerintah setempat, dan lintas masyarakat di Aula Polres Mappi, belum lama ini.

Wakapolres Mappi, Kompol Marthen Malite mengatakan, pertemuan itu menyikapi situasi yang berkembang di Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua beberapa waktu lalu, dimana ketika itu terjadi insiden yang mengarah ke SARA. Untuk itu, kemungkinan munculnya gesekan “berbau” SARA merembet ke daerah perlu dicegah.

Semua pihak diingatkan tidak terprovokasi dengan adanya berbagai isu SARA yang mengancam persatuan dan kedamaian. Seluruh jajaran Polres Mappi juga diminta tetap mengawal situasi keamanan di kabupaten itu.

“Semua komponen masyarakat juga dituntut tetap menjaga persatuan dan kedamaian,” katanya, Minggu (4/6).

Seluruh jajaran Polres Mappi kata dia, diinstruksikan turun lapangan dan mengajak semua tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat, tetap bersatu, bersama-sama menyelesaikan jika ada masalah yang muncul di lingkungannya.

“Toleransi umat beragama yang selama ini terjalin dengan baik di Mappi harus dipertahankan,” ujarnya.

Namun menurutnya, dibutuhkan peran seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan dan menjaga keamanan daerah, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Nuryani/Arjuna)

Advertisement