Siswa SMA YPK Merauke Diuji Pengetahuan Kewarganegaraan

Siswa SMA YPK Merauke Diuji Pengetahuan Kewarganegaraan

Foto Bersama Siswa/Siswi SMA YPK Merauke, Papua Bersama Kapolres Merauke

Metro Merauke – Pengetahuan siswa/siswi SMA YPK Merauke, Papua seputar kewarganegaraan diuji oleh Kapolres Merauke, AKBP. Bahara Marpaung dengan sejumlah pertanyaan, ketika kapolres dan jajarannya memberikan materi tentang empat pilar kebangsaan kepada siswa/siswi SMA YPK Merauke, Jumat (2/6).

Pertanyaan kepada para siswa/siswi itu untuk mengetahui sejauh mana  pengamalan mereka tentang pengetahuan umum dan pendidikan kewarganegaraan. Siswa/siswi ditanya seputar Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Kapolres Bahara Marpaung menilai, pelajaran mengenai empat pilar belum banyak diterapkan di sekolah-sekolah. “Saya masih ingat, dulu ada pelajaran pedoman, penghayatan, dan pengamalan Pancasila (P4). Dalam P4 terdapat 36 butir yang harus kita ingat. Semoga ini dikembalikan,” ujar Kapolres dalam arahannya di Lapangan Upacara SMK YPK Merauke.

Katanya, P4 wajib diimplementasikan dalam kehidupan setiap hari, baik di sekolah, rumah dan di masyarakat. Terutama pengamalan norma agama, kesusilaan, norma kesopanan, serta menjaga keutuhan bangsa seperti yang terutang dalam empat pilar kebangsaan dan butir-butir P4.

Siswa/siswa yang menjawab beberapa pertanyaan kapolres mendapat hadiah. Baik mereka yang menjawab dengan benar, maupun kurang tepat. Hadiahnya berupa pensil, buku tulis, dan tas sekolah.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMA YPK Merauke, Soleman Jambormis mengatakan, menyambut baik kegiatan Polres Merauke yang akan menambah wawasan kebangsaan para siswa/siswi di sekolah yang ia pimpin.

“Harapan kami, kunjungan seperti ini juga dilaksanakan di semua sekolah yang ada di Kabupaten Merauke,” kata Soleman. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement