Puskesmas Kimaam Tak Layak, Dinkes Didesak Bertindak
Kesra

Puskesmas Kimaam Tak Layak, Dinkes Didesak Bertindak

Masyarakat Distrik Kimaam, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Merauke, Papua, Moses Kaibu mendesak Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mengambil langkah terkait Puskesmas Distrik Kimaam yang kondisinya kini rusak dan tak layak dimanfaatkan melayani masyarakat.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, Dinkes Merauke perlu mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki Puskemas Kimaam. Kondisi Puskemas Kimaam yang tak layak, menjadi temuannya ketika melakukan reses ke wilayah itu bersama dua orang anggota Komisi A DPRD Merauke.

“Beberapa hari lalu, saya bersama dua anggota Komisi A, baru pulang melakukan reses di beberapa kampung termasuk di Kimaam. Setelah melihat fasilitas umum, termasuk puskesmas, ternyata kondisi bangunan sangat memprihatinkan,” katanya kepada Metro Merauke, Jumat (2/6).

Menurutnya, selain bangunan puskesmas yang sudah tua, beberapa fasilitas lain diantaranya tempat tidur, kursi, dan meja sudah rusak, tak dapat digunakan lagi.

“Bagaimana mungkin pasien bisa tidur baik, kalau kondisi bangunan dan fasilitas tak mendukung sama sekali,” ujarnya.

Padahal, kata dia Puskesmas Kimaam merupakan puskesmas rujukan. Mestinya fasilitas pendukung harus lebih baik. Untuk itu, dinas terkait perlu mengalokasikan anggaran pembangunan puskesmas baru. Mengenai lahan bisa dibicarakan dengan masyarakat pemilik hak ulayat setempat.

“Selain itu, tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Kimaam perlu dibenahi. Mestinya, setiap puskesmas rujukan, harus ada dua dokter. Justru di Kimaam hanya satu tenaga dokter. Kalau yang bersangkutan ke kota, pelayanan terganggu,” katanya.  (LKF/Arjuna)

Post Comment