Pemkab Merauke akan Dirikan Rumah Adat di Tubang

Pemkab Merauke akan Dirikan Rumah Adat di Tubang

Kepala Dinas P dan K Merauke, Papua, Felix Liem Gebze

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, akan membangun satu unit rumah adat di Kampung Wamal dan pagar rumah adat Sawi Aha di Kampung Yowit, Distrik Tubang, Kabupaten Merauke.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Felix Liem Gebze mengatakan, pembangunan rencananya dilaksanakan, 2018 mendatang. Dana yang digunakan bersumber dari 2,5 persen alokasi dana Otsus untuk pendidikan atau setara Rp360 juta.

“Dana itu akan dibagi dua, tujuan pembangunan rumah adat dan pagar rumah adat, agar ketika ada upacara adat, masyarakat memiliki rumah adat yang bagus. Semua kegiatan adat bisa dipusatkan di sana,” katanya, Kamis (1/6).

Menurutnya, ini sebagai wujud janji Bupati Merauke, Frederikus Gebze dan wakilnya, Sularso dimana ketika masa kampanye, pasangan ini menyatakan akan mempromosikan budaya adat Marind di Selatan Papua.

“Sebelum pembangunan, kami akan melakukan pertemuan dengan masyarakat adat untuk persiapan lokasi. Kami berharap, lokasi itu nantinya tidak harus dibeli, karena rumah adat yang akan dibangun merupakan milik masyarakat adat,” ujarnya.

Katanya, masyarakat hanya perlu menyiapkan lokasi dan pemerintah membantu dalam hal anggaran dan pembangunan. Masyarakat juga akan diberikan bantuan sepeda motor dan speedboat untuk menunjang aktifitas masyarakat mencari nafkah.

“Sepeda motor akan disiapkan bagian perlengkapan kabupaten dan speedboat melalui anggaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement