Pembangunan Pagar Bandara Mopah Tunggu Pembayaran Ulayat

Pembangunan Pagar Bandara Mopah Tunggu Pembayaran Ulayat

Bandara Mopah Merauke, Papua

Metro Merauke – Pembangunan pagar Bandara Mopah, Kabupaten Merauke, Papua kini menunggu negosiasi terkait pembayaran hak ulayat kepada pemilik ulayat. Sebagian besar data yang dikumpulkan Pemkab Merauke terkait para pemilik hak ulayat sudah akurat.

Baca: Pembangunan Pagar Bandara Mopah Tersandung Pemilik Ulayat

Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan, Dinas Pehubungan setempat kini sedang melakukan semua proses dengan pemilik ulayat, guna mencegah terjadinya pembayaran ganda tanah ulayat yang sama.

“Makanya dibutuhkan data akurat dan lengkap dengan surat pelepasan adat, sertifikat, luas dan siapa saja pemiliknya. Kami akan lakukan penelitian berkas dengan seksama,” kata Freddy Gebze, Rabu (31/5).

Dengan data akurat, Pemkab Merauke dapat mengetahui siapa saja pemilik sah tanah ulayat, termasuk yang memiliki sertifikat, pelepasan adat, dan mana pihak mengaku-ngaku pemilik ulayat.

“Apapun pembangunan yang dilakukan, harus melihat letak tanah. Prosesnya diselesaikan antara pemilik dan pemerintah, supaya tidak ada masalah setelah selesai dilakukan pembangunan,” ujarnya.

Katanya, kedepan pemerintah akan lebih teliti sebelum membangun. Jika semua data sudah jelas dan dikemudian hari masih ada oknum yang mengklaim, pemerintah akan menyerahkannya kepada pihak berwajib untuk ditertibkan.

“Sebab, persoalan utama yang terjadi di seluruh Papua adalah masalah tanah,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement