Tujuh Truk Bermuatan Material Diamankan Satpol PP Merauke

Tujuh Truk Bermuatan Material Diamankan Satpol PP Merauke

Truk yang Diamankan di Kantor Satpol PP Merauke, Papua

Metro Merauke – Tujuh truk pengangkut bahan material jenis pasir dan tanah timbun diamankan anggota Satpol PP Merauke, Papua, Selasa (30/5).

Truk diamankan lantaran tidak menutup pasir dan tanah timbunan yang diangkut. Aksi ini melanggar peraturan daerah Kabupaten Merauke Nomor 21 Tahun 2011, tentang ketertiban umum.

Ketujuh truk diamankan ketika Kepala Satpol PP Merauke, Elias Refra dan anggotanya menggelar razia di depan Kantor Satpol PP dan sepanjang Jalan Brawijaya.

“Selain melanggar perda, penggalian pasir dan tanah timbun tidak memiliki izin dari provinsi sehingga dinyatakan ilegal. Secara kasat mata melanggar aturan perda tentang ketertiban umum. Tidak memakai penutup muatan, dampaknya mengganggu pengguna jalan lain,” kata Refra, Selasa (30/5).

Setelah truk diamankan lanjut dia, pemilik dan sopir melengkapi berkas untuk diserahkan ke kejaksaan dan Pengadilan Negeri Merauke, karena penggalian dilakukan di tempat terlarang, di pinggir pantai yang dampaknya akan merusak alam serta mengancam warga sekitar.

“Tindakan tersebut merupakan unsur kesengajaan pemilik truk, karena selama ini tidak ada yang melakukan penertiban terhadap pelanggaran itu,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement