Keuskupan Agung Merauke Libatkan Mahasiswa Buka Lahan

Keuskupan Agung Merauke Libatkan Mahasiswa Buka Lahan

Mahasiswa Politeknik Pertanian Yasanto, Merauke, Papua Sedang Menanam Sayur-Sayuran

Metro Merauke – PSE Keuskupan Agung Merauke, Papua melibatkan belasan mahasiswa Politeknik Pertanian Yayasan Santo Antonius (Yasanto) Merauke membuka lahan untuk ditanami beberapa jenis sayuran dan padi di areal milik keuskupan.

Salah seorang mahasiswa, Mikhael Gebze disela-sela kesibukannya menanam sayur mengungkapkan, kurang lebih belasan bedeng dibuka dan ditanami beberapa jenis sayuran seperti kangkung, bayam, terong, tomat, dan sawi.

“Juga dipersiapkan areal khusus menanam padi. Kegiatan ini untuk mengaplikasikan teori yang kami dapatkan di kampus,” katanya, Selasa (30/5).

Ia berterimakasih kepada Ketua PSE Keuskupan Agung Merauke, Bruder Johny Kilok yang memberikan perhatian kepada para mahasiswa Papua, dengan pelatihan dan pendampingan untuk pembukaan lahan, hingga menanam beberapa jenis tanaman.

Menurutnya, pengalaman yang tak kalah pentingnya, Bruder Johny mendampingi dan melatih mahasiswa proses pengolahan pupuk organik berbahan dasar buah-buahan yang telah busuk.

“Setelah beberapa kali dilatih, akhirnya saya bisa membuat pupuk organik cair. Ini suatu kebanggaan tersendiri. Ilmu yang ada, tentunya akan dibawa sampai selesai kuliah dan dipraktekkan ketika sudah di kampung,” ujarnya.

Sementara Bruder Johny Kilok mengatakan, mahasiswa Politeknik tidak hanya mendapat teori, namun langsung mempraktekkannya di lapangan. Dalam tiga pekan kedepan, beberapa jenis sayuran organik sudah dapat dipanen, dijual atau dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. (LKF/Arjuna)

Advertisement