Jembatan Putus, Warga Terobos Gelombang Kali Bian

Jembatan Putus, Warga Terobos Gelombang Kali Bian

Jojo Awom, Salah Satu Warga yang Biasa Melintasi Kali Bian, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Putusnya jembatan Kasuki, Kali Bian, Kabupaten Merauke, Papua yang merupakan jalur penyeberangan dari Kota Merauke ke Distrik Okaba membuat masyarakat kesulitan akses. Satu-satunya jalur akses menuju muara lepas pantai Arafuru adalah melintasi Kali Bian menggunakan belang (perahu kayu bermesin).

Salah satu warga yang sering melintasi jalur itu, Jojo Awom mengatakan, bukan tanpa resiko, keselamatan warga dipertaruhkan, harus menggunakan belang mengarungi Kali Bian dengan gelombangnya yang besar.

“Kondisi belang tidak cukup untuk menahan kekuatan ombak ketika cuaca ekstrim,” kata Jojo Awom, Selasa (30/5).

Pemerintah kabupaten diharapkan segera membenahi jembatan penyeberangan yang terputus dan ruas jalan yang tidak layak dilalui. Jalur darat satu-satunya dari Merauke ke Okaba penuh dengan semak belukar.

Menurutnya, warga juga meminta untuk sementara ditempatkan petugas SAR di wilayah itu, mengawasi warga yang menyeberang. Dinas Perhubungan dinilai perlu mengecek mesin dan belang yang ditumpangi warga ketika melintas Kali Bian, apakah layak beroperasi atau tidak.

“Apalagi ketika menjelang hari raya, warga yang menyeberang akan meningkat,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Merauke telah membenahi jembatan yang rusak secara darurat. Namun kini jembatan penyeberangan itu sudah tidak berfungsi karena kembali rusak. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement