Polsek Merauke Kota Tangkap Tiga Pembuat Miras Lokal

Polsek Merauke Kota Tangkap Tiga Pembuat Miras Lokal

Ilustrasi Peralatan Pembuat Miras Lokal yang Diamankan Polisi

Metro Merauke – Polsek Merauke Kota, Kabupaten Merauke, Papua menangkap YB (33), NL (49), dan RK (36), yang memproduksi miras lokal jenis sopi.

Ketiganya ditangkap di lokasi berbeda di Kota Merauke, Papua dalam operasi yang dipimpin Kapolsek Merauke Kota, Kompol Alfons Umbora bersama delapan anggotanya sejak pukul 15.00 WIT-19.00 WIT, Senin (29/5).

Kompol Alfons Umbora mengatakan, timnya menggelar operasi di lima lokasi berbeda yakni di Jl. Nusa Barong Satu,  Jl. Nusa Barong Dua, Jl. Tidore Gang Felubun, Jl. Tidore Gang Kelapa dan Jl. Efadekai (Kali Weda).

“Tiga tersangka dan barang bukti miras lokal jenis sopi serta perlengkapan pembuatannya sudah diamankan di Polsek Merauke Kota,” ujar Kompol Alfons Umbora usai operasi.

Menurutnya, di Lokasi pertama Jl. Nusa Barong, Kelurahan Seringgu, polisi menciduk YB, di Jl. Nusa Barong Dua, polisi menangkap NL (49), dan di Jl. Tidore Gang Felubun, Kelurahan Seringgu, polisi mengamankan RK.

“Di lokasi keempat Jl. Tidore Gang Kelapa, pelaku melarikan diri. Begitu juga pelaku di Jl. Efadekai (Kali Weda), meninggalkan rumahnya saat anggota kami tiba,” ujarnya.

Strategi Polsek Merauke Kota mengidentifikasi lokasi pembuatan miras lokal, dengan mengorek keterangan dari pemilik/pembuat miras lokal yang telah diamankan terlebih dahulu oleh polsek setempat.

“Kami melakukan pendekatan agar secara sadar menunjuk tempat atau lokasi pembuatan miras lokal. Kami menggeledah setiap rumah dan kos-kosan para pelaku yang dijadikan tempat membuat miras lokal,” katanya.

Hasil produksi miras lokal dikemas dalam botol air mineral ukuran 600 mililiter. Miras lokal itu dijual ke sejumlah lokasi di Kota Merauke diantaranya, Ampera satu hingga Ampera empat, Gudang Arang, Mangga Dua dan Kelapa Lima dengan harga  Rp20 ribu perbotol.

Dalam memasarkan miras lokal hasil produksinya, para pelaku menggunakan jasa pihak lain alias kurir. Cara pemesanannya dilakukan via pesan singkat dan telepon.

“Setiap tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polsek Merauke Kota adalah dampak dari miras lokal jenis sopi, yang dikonsumsi para pelaku,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement