Pemkab Merauke Persiapkan Upacara Lahirnya Pancasila

Pemkab Merauke Persiapkan Upacara Lahirnya Pancasila

Rapat Persiapan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, 1 Juni 2017 di Ruang Rapat Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Merauke, Senin (29/5)

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua menggelar rapat persiapan upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila, 1 Juni 2017.

Rapat berlangsung di Ruang Rapat Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Merauke, Senin (29/5), dan dipimpin Sekda Merauke, Daniel Pauta didampingi Kapolres Merauke, AKBP. Bahara Marpaung.

Rapat ini menindaklanjuti surat edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor 437, 18 Mei 2017 yang menetapkan, 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila, sesuai  keputusan presiden nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahirnya Pancasila.

“Hari ini kami menggelar rapat kecil kesiapan dan siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan upacara,” kata Daniel Pauta dalam sambutan pembukaan.

Dalam rapat disepakati, Polres Merauke dan Kodim 1707 Merauke sebagai seksi pelaksana upacara, didukung Dinas Kominfo, Kantor Kementerian Agama, Kesbangpol dan Satpol PP.

Pelaksanaan upacara tidak jauh berbeda dengan upacara biasanya. Hanya ditambah pembacaan keputusan presiden tentang penetapan Hari Lahirnya Pancasila yang akan diperingati setiap, 1 Juni.

“Ini bentuk bahwa sebagai warga Negara Indonesia, kita tetap menjunjung tinggi Pancasila sebagai lambang negara,” ujarnya.

Karena surat Sekretaris Negara terlambat tiba di daerah, kesiapan yang dilakukan sangat singkat. Waktu yang tersisa hanya dua hari sebelum pelaksanaan upacara.

Meski begitu, tidak mengurangi kesiapan penanggungjawab agar pelaksanaan upacara berjalan baik, aman dan lancar. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement