Dua Bupati di Selatan Papua akan Dipanggil ke Istana Presiden

Dua Bupati di Selatan Papua akan Dipanggil ke Istana Presiden

Beberapa Truk Sedang Antri di Ruas Jalan Trans Papua yang Rusak Parah

Metro Merauke – Lenis Kogoya, staf khusus Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, dua bupati di wilayah selatan Papua yakni Bupati Merauke, Frederikus Gebze dan Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop akan dipanggil ke istana membicarakan kondisi jalan trans Papua dari Merauke ke Boven Digoel yang kini rusak parah.

“Kemarin saya melakukan perjalanan ke Distrik Muting dan ternyata, kondisi ruas jalan sangat rusak parah,” kata Lenis Kogoya kepada Metro Merauke di salah satu hotel di Kota Merauke, Minggu (28/5)

Menurutnya, beberapa tahun silam, ia masih sempat ke Kabupaten Boven Digoel, ketika itu ruas jalan trans Papua masih baik. Namun ia kaget ketika akhir pekan kemarin melihat jalan berlumpur dan berlubang, sehingga sulit dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Dikatakan, sekembalinya ke Jakarta, ia akan langsung melaporkan kondisi jalan kepada Presiden Jokowi. Nantinya, Bupati Merauke dan Bupati Boven Digoel harus ke istana presiden mengikuti pertemuan. Pihak Balai Jalan Perwakilan Papua harus diikutsertakan.

“Dalam waktu dekat, kedua bupati sudah dipanggil. Targetnya tahun ini, perbaikan ruas jalan trans Papua harus mulai dikerjakan, mengingat kondisinya sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Katanya, lantaran kontur tanah di Kabupaten Merauke tanah basah sehingga aspal cepat rusak. Salah satu solusinya, jalan trans Papua konstruksinya dengan pengecoran.

“Memang anggaran yang dialokasikan tidak sedikit. Tetapi mau tidak mau harus dilakukan, karena melihat kondisi alam terutama, struktur tanah yang basah dan tak bisa dengan pengaspalan biasa,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement