Warga Merauke Diajarkan Cara Membuat Pupuk Organik

Warga Merauke Diajarkan Cara Membuat Pupuk Organik

Bedeng yang Ditanami Sayuran Disemprot dengan Pupuk Organik Cair oleh Bruder Johny Kilok

Metro Merauke – Sebanyak 30 orang warga Kabupaten Merauke, Papua diajarkan cara membuat pupuk organik cair oleh seorang rohaniawan Katolik di wilayah itu, Bruder Johny Kilok. Bahan dasarnya buah-buahan yang telah busuk dan beberapa bahan lainnya dari alam.

Ketika ditemui Metro Merauke, Jumat (24/5), Bruder Johny menjelaskan, kegiatan pelatihan itu disponsori Komisi Gender Keuskupan Agung (KAK) Merauke.

“Saya diminta  memberikan pelatihan tentang pengelolaan pupuk organik cair,” katanya.

Katanya, tidak hanya cara pembuatan pupuk organic cair, warga juga diberi pelatihan membuat kue dari bonggol pisang kepok.

Cara pembuatanya, bonggol pisang dikeringkan, diolah menjadi tepung, dicampur beberapa bahan lain yakni gula merah, telur dan santan kelapa. Selanjutnya diolah menjadi kue untuk dikonsumsi.

Menurutnya, pelatihan itu mendapat respon dari peserta yang didominasi ibu-ibu. Namun ini hanya langkah awal. Rencananya Komisi Pengembangan Ekonomi Sosial (PSE) KAK Merauke akan kembali melakukan pelatihan.

Tujuannya, agar para peserta lebih memahami proses pengolahan pupuk organik cair maupun benggol pisang menjadi kue. Dalam pelatihan, selain peserta mendapatkan terori, langsung ditindaklanjuti dengan praktek.

“Saya membawa bahan-bahan untuk langsung mempraktekkannya kepada para peserta,” ujarnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement