Masyarakat Merauke Diingatkan Tidak Emosional Merespon Masalah

Masyarakat Merauke Diingatkan Tidak Emosional Merespon Masalah

Suasana Pertemuan di Aula Polres Merauke, Papua, Jumat (26/5)

Metro Merauke – Kapolres Merauke, Papua, AKBP. Bahara Marpaung bertemu tokoh masyarakat Merauke di Aula Polres setempat, Jumat (26/5).

Selain sebagai ajang silaturahmi, pertemuan juga untuk membangun koordinasi dan kerjasama menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Merauke. Dalam pertemuan itu, sebagai Kapolres yang baru menjabat, AKBP. Bahara Marpaung, memperkenalkan diri agar terjalin kerjasama yang baik kedepan.

Ia mengajak masyarakat Merauke tidak menyikapi setiap masalah dengan emosional dan anarkis. Peran tokoh masyarakat dalam situasi seperti ini sangat dibutuhkan.

Mereka harus mampu menenangkan suasana agar masalah yang muncul dapat disikapi dengan bijak, demi terselenggaranya pemerintahan dan tak ada gangguan aktifitas masyarakat di Kabupaten Merauke.

“Kalau ada masalah, masyarakat harus kompak untuk tidak anarkis. Apapun permasalahan yang ada, kita duduk bersama menyelesaikannya,” kata AKBP. Bahara Marpaung.

Menurutnya, selama ini Kabupaten Merauke salah satu wilayah yang relatif kondusif di Papua. Situasi ini harus dijaga, dipelihara, dan dipertahankan semua elemen masyarakat.

Masyarakat Merauke kata dia, harus terus menjaga dan meningkatkan rasa saling menghormati, menghargai antara suku, adat, budaya dan agama. Dengan begitu, akan tercipta sikap toleransi, aman dan harmonis seperti semboyan Kabupaten Merauke “Izakod Bekai Izakod Kai, Satu Hati Satu Tujuan”.

“Keberhasilan tugas Polri tidak terlepas dari dukungan masyarakat, terutama tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh perempuan. Khususnya memasuki bulan suci Ramadhan 1438 H, semua masyarakat harus senantiasa menghargai umat yang menjalankan ibadah puasa,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement