Dinas Pendidikan Merauke akan Ganti Kepsek Malas

Dinas Pendidikan Merauke akan Ganti Kepsek Malas

Ilustrasi Siswa SD di Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Papua, Felix Liem Gebze menyatakan, kepala sekolah (kepsek) yang bertugas di wilayah pedalaman dan tidak melaksanakan tugas dengan baik akan diganti. Pergantian rencananya dilakukan memasuki ketika tahun ajaran baru.

Ia mengatakan, jabatan kepsek akan diberikan kepada mereka yang benar-benar memiliki rasa bertanggungjawab terhadap tugas dan kewajiban. Langkah ini diambil lantaran selama ini, ada kepsek yang bertugas di wilayah pedalaman, jarang berada di tempat tugas.

“Beruntung, kehadiran guru kontrak di sekolah-sekolah tertinggal, terisolir dan terluar (3T) di pedalaman Kabupaten Merauke, sangat membantu jalannya proses pendidikan. Kinerja mereka jauh lebih baik ketimbang guru ASN,” katanya, Rabu (24/5).

Menurutnya, keberadaan guru kontrak, sangat banyak membantu proses pendidikan di wilayah pedalaman, terutama pendidikan dasar membaca, menulis dan berhitung.

Katanya, selama ini proses belajar mengajar di wilayah pedalaman berjalan seadanya, tidak maksimal. Ini disebabkan tidak adanya diperhatikan serius oleh kepala sekolah, sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap pendidikan di sekolah, (Getrudis/Arjuna)

Advertisement