Bantuan Long Boat untuk Guru di Pedalamam Merauke akan Ditarik

Bantuan Long Boat untuk Guru di Pedalamam Merauke akan Ditarik

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Papua, Felix Liem Gebze

Metro Merauke – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Papua akan menarik bantuan long boat untuk mendukung akses transportasi guru yang mengabdi di pedalaman Merauke.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Felix Liem Gebze mengatakan, long boat akan diganti dengan speedboat. Transportasi ini dinilai lebih aman dan kuat, mengingat kondisi ombak ketika perjalanan menuju wilayah pedalaman Merauke sangat berbahaya. Alat transportasi air berukuran kecil tidak aman.

Long boat yang ditarik akan diberikan kepada sekolah-sekolah yang aksesnya melintasi sungai kecil atau rawa, misalnya di daerah Kali Bian dan Kaptel. Beberapa sekolah yang long boatnya akan ditarik yakni di Sabon dan Selat Mariana. Akan kami gantikan dengan speedboat,” katanya, Rabu (24/5).

Tidak hanya wilayah pedalaman, Pemerintah Kabupaten Merauke juga diingatkan memperhatikan sekolah di pesisir pantai, termasuk transportasi untuk masyarakatnya, semisal kapal penumpang yang aman dari terjangan ombak, angin dan badai.

Ketua Komisi A DPRD Merauke, Mozes Kaibu belum lama ini mengatakan, Pemkab Merauke harus memperhatikan keselamatan masyarakat, terutama guru yang bertugas di pedalaman. Salah satunya menyiapkan sarana transportasi air atau laut yang aman. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement