Mako Lantamal XI “Diserang” Orang Tidak Dikenal

Mako Lantamal XI “Diserang” Orang Tidak Dikenal

Suasana Skenario Serangan di Mako Lantamal XI Merauke, Papua, Selasa (23/5)

Metro Merauke – Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Mako Lantamal) XI, yang terletak di Jalan Nowari, Kabupaten Merauke, Papua diserang sekelompok orang tak dikenal, Selasa (23/5).

Kelompok penyerang menuntut keadilan dan pertanggungjawaban pihak Mako Lantamal XI, terkait aksi pemukulan yang dilakukan oleh oknum prajurit Lantamal XI kepada salah satu rekan penyerang.

Bentrokan antar kelompok penyerang dan Tim Anti Huru Hara Yonmarhanlan XI, yang membantu pengamanan dan pengendalian massa tak terhindarkan.

Bentrokan itu merupakan bagian dari skenario yang diujikan dalam kegiatan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat PI dan P2 dari Kolat Koarmatim di Lantamal XI Merauke.

“Selain itu beberapa peran yang tidak kalah seru diantaranya peran anti teror dan sabotase, peran bahaya udara dan peran kebakaran,” kata Ketua Tim Penguji Kolat Armatim Letkol Laut (P) D.A. Mansyur.

Dalam skenario peran anti teror, Mako Lantamal XI memperoleh informasi ada temuan barang mencurigakan, diduga bom. Barang itu diletakkan oleh pihak musuh di salah satu ruangan penjagaan di Mako Lantamal XI.

Dengan sigap tim intel dan Pomal Lantamal XI mengamankan penjagaan, melakukan penyisiran ke semua ruangan, dan ditemukan kardus yang diduga berisi bom. Tim Jihandak dari Yonmarhanlan XI membawa barang tersebut untuk dijinakkan dan dimusnahkan.

Tim Pomal melakukan pemeriksaan terhadap semua kendaraan dan personel yang keluar masuk Mako Lantamal XI, sehingga dapat mendeteksi dan menangkap orang tidak dikenal yang berusaha memasuki Mako Lantamal XI.

Tim Uji Terampil yang dipimpin Letkol Laut (P) D.A. Mansyur beserta tim penguji dari Kolat Armatim yang berjumlah 10 orang, melaksanakan Uji Terampil Glagaspur selama dua hari.

Uji Terampil Glagaspur meliputi penilaian individu dan kelompok dengan materi antara lain tes tertulis, pengecekan peralatan, komunikasi, kebaharian, bongkar pasang senjata, menembak, renang, dakhura, pertahanan pangkalan (peran tempur), kebakaran dan evakuasi medis.

Dalam Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat PI dan P2 Tahun 2017 di Mako Lantamal XI, dua rekor waktu tercepat terpecahkan.

Rekor itu yakni bongkar pasang senjata jenis pistol FN dan Sigsauer dengan cacatan waktu 16 detik oleh Kls Pom Widi Pangestu, Anggota Pomal Lantamal XI dan renang militer jarak 50 meter dengan catatan waktu 47 detik oleh Prada Mar Y. Kenri dari Yonmarhanlan XI.

“Tujuan uji terampil ini untuk mengetahui kemampuan Prajurit Lantamal XI dalam penguasaan materi P1 dan P2. Dengan begitu, kemampuan disiplin tempur  prajurit dapat selalu terjaga dan siap menghadapi bahaya, yang bisa datang sewaktu-waktu,” ujar Letkol Laut (P) D.A. Mansyur. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement