Masyarakat Kampung Koa Kembangkan Tanaman Karet

Masyarakat Kampung Koa Kembangkan Tanaman Karet

Salah Satu Warga Kampung Koa, Distrik Anim Ha, Kabupaten Merauke, Papua, Markus Ndiken

Metro Merauke – Salah satu komoditi yang kini dikembangkan masyarakat Kampung Koa, Distrik Anim Ha, Kabupaten Merauke, Papua adalah tanaman karet.

Salah seorang warga Kampung Koa, Markus Ndiken kepada Metro Merauke mengatakan, kampung itu didiami kurang lebih sebanyak 165 kepala keluarga. Setiap kepala keluarga memiliki lahan khusus tanaman karet.

“Pengembangan pohon karet, telah dilakukan beberapa tahun silam. Tinggal menunggu tiga hingga empta tahun mendatang, pohon karet sudah dapat disadap getahnya untuk dijual,” katanya, Senin (22/5).

Pengembangan tanaman karet kata dia, dilakukan warga tidak secara berkelompok, namun perorangan. Setiap lahan petani, ada tanaman karet dengan luas berkisar setengah sampai satu hektar.

“Ini menjadi modal masyarakat di Kampung Koa. Beberapa tahun kedepan, mereka sudah dapat menyadap getah karet untuk dijual,” ujarnya.

Ia berharap, instansi terkait dapat memberikan pelatihan khusus kepada masyarakat sejak kini mengenai cara menyadap getah karet. Ini dinilai sangat penting, karena kebanyakan warga yang menanam karet adalah masyarakat asli Papua. (LKF/Arjuna)

 

Advertisement