Distributor Bapok di Merauke Diwarning Tidak Curang

Distributor Bapok di Merauke Diwarning Tidak Curang

Ilustrasi: Aktivitas Jual Beli Bahan Kebutuhan Pokok di Pasar Wamanggu, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Dinas Ketahanan Pangan, Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Papua mengingatkan para distributor bahan kebutuhan pokok (bapok) di wilayah itu tidak curang. Tidak melakukan penimbunan bapok menjelang Ramadhan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Merauke, Bambang Dwiatmoko kepada Metro Merauke, Senin (22/5) mengatakan, jika ada distributor yang ketahuan curang, melakukan penimbunan dan mempermainkan harga untuk mendapat keuntungan lebih, akan ditindak, bahkan diproses hukum.

“Pemerintah sudah melakukan kerjasama dengan kepolisian untuk turun lapangan melakukan pemantauan. Jika ditemukan ada yang nekad menimbun bapok, penegak hukum akan turun tangan,” ujarnya.

Ia berharap, para distributor tidak mempermainkan harga dan stok kebutuhan pokok jelang Ramadhan serta Idul Fitri. Pihaknya bersama instansi terkait akan terus melakukan pemantauan.

“Berdasarkan pengawasan tim di lapangan, untuk saat ini seluruh harga kebutuhan pokok menjelang puasa masih relatif stabil, meski ditemukan ada kenaikan beberapa bahan pokok, salah satunya bawang putih,” katanya.

Ia menyebut, ini fenomena menjalang puasa. Pihaknya akan berupaya memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Merauke. Untuk itu, perlu ada langkah antisipasi dengan memperkuat stok bapok di daerah dan distribusi yang merata.  (Nuryani/Arjuna)

Advertisement