Ratusan Kios di Pasar Wamanggu Disegel

Ratusan Kios di Pasar Wamanggu Disegel

Petugas Melakukan Penyegelan Kios di Pasar Wamanggu Merauke, Papua

Metro Merauke – Badan Pendapatan Daerah bersama Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Wamanggu Kabupaten Merauke, Papua menyegel sebanyak 101 kios di Pasar Wamanggu, Sabtu malam (20/5).

Petugas menggergaji gembok kios, menggantinya dengan gembok lain dan kuncinya dipegang pihak Badan Pendapatan Daerah setempat.

Kepala UPTD Pasar Wamanggu, Rudyanto kepada wartawan mengatakan, langkah itu diambil pihaknya lantaran ratusan pedagang yang menempati kios, mulai dari lantai satu hingga lantai tiga pasar, tidak memiliki itikad baik menyelesaikan permasalahan mereka, padahal telah diberikan waktu dua bulan.

“Batas terakhir 18 Mei, namun 101 pedagang ini tidak datang mengurusnya ke Badan Pendapatan Daerah. Sudah tidak ada toleransi lagi,” katanya.

Menurutnya, penyegelan merupakan langkah terakhir yang ditempuh pihaknya. Selama ini para pedagang yang menunggak pembayar sewa kios maupun yang tidak memanfaatkan kios mereka, telah diingatkan, namun tidak ada itikad baik.

“Nanti instansi berwenang akan mengundi kembali agar 101 kios itu dapat diisi lagi. Akan diprioritaskan untuk pedagang di pasar baru yang benar-benar serius berdagang,” ujarnya.

Sebelumnya Badan Pendapatan Daerah mencatat, ada 315 kios bermasalah. Ratusan pedagang diberi waktu selama dua bulan menyelesaikan berbagai masalah mereka.

Namun sebanyak 101 pedagang yang menggunakan kios tidak menanggapi batas waktu itu, sehingga pemerintah memutuskan melakukan penyegelan. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement