Masyarakat Kamanggi Termotivasi Buka Lahan

Masyarakat Kamanggi Termotivasi Buka Lahan

Pendamping Masyarakat Kampung Kamanggi, Distrik Tanah Miring, Merauke, Papua, Bruder Johny Kilok

Metro Merauke – Rohaniawan Katolik yang mendampingi masyarakat di Kampung Kamanggi, Distrik Tanah Miring, Merauke, Papua, Bruder Johny Kilok mengepresiasi warga setempat yang umumnya orang asli Papua.

Katanya, dengan kesadaran dan semangat, mereka termotivasi membuka lahan dalam skala luas untuk ditanami padi dan sayur-sayuran.

Kepada Metro Merauke, Kamis (18/5), Bruder Johny mengatakan, dalam setahun terakhir, ia tidak lagi mendampingi secara langsung masyarakat di Kampung Kamanggi.

“Saya tidak bersama-sama mereka lagi membuka lahan, karena mereka sudah bisa mandiri,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, ada bantuan hand traktor, traktor dan harvester combine (mesin pemotong padi) di kampung itu. Jika masyarakat membajak lahan maupun memanen padi, tidak lagi menggunakan cara manual.

“Memang sejumlah alat pertanian itu, dikelola pemerintah di Kampung Kamanggi, namun ketika warga butuh, tidak harus membayar. Hanya menyiapkan makan dan minum untuk operator,” kata Bruder Johny.

Kini, masyarakat setempat sedang memanen padi yang mereka tanam di lahan seluas tiga hektar. Dalam beberapa hari kedepan, padi sudah selesai dipanen menggunakan harvester combine.

Setiap pekan, mereka juga membawa beberapa jenis sayuran ke kota untuk dijual kepada umat di Gereja Bampel.

“Jadi, setiap pekan, masyarakat dapat uang, dan bisa dimanfaatkan membeli kebutuhan sehari-hari,” ujarnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement