PLN Bakal Alirkan Listrik ke 1.273 Desa di Papua dan Maluku

PLN Bakal Alirkan Listrik ke 1.273 Desa di Papua dan Maluku

Foto: Dok. PLN/Merdeka.com

Metro Merauke – Pemerintahan Jokowi-JK mendorong membangun infrastruktur dari pinggir atau pedesaan. Salah satu yang jadi fokus pembangunan adalah infrastruktur kelistrikan. Dengan adanya listrik, maka pemerataan pertumbuhan ekonomi bisa terwujud.

Melaksanakan perintah Jokowi, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah membangun listrik desa, salah satunya di Papua dan Maluku. Direktur Perencanaan Korporat PLN, Nike Widyawati mengatakan sepanjang 2016 lalu, PLN telah berhasil melistriki 92 desa di Papua-Papua Barat, serta 34 desa di Maluku-Maluku Utara.

Sementara itu, untuk tahun 2017 ini, PLN telah memulai pembangunan listrik desa dengan target 365 desa di Papua-Papua Barat dan 119 desa di Maluku-Maluku Utara.

“Hingga tiga tahun ke depan, PLN berencana untuk melistriki 1.273 desa Papua-Papua Barat dan 535 desa Maluku-Maluku Utara. Jumlah ini meningkat hingga 500 persen jika dibandingkan tahun 2012-2016,” kata Nike, di gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (15/5).

Program melistriki desa ini sangat penting untuk membuka kesempatan pada rakyat meningkatkan taraf hidup. Dengan adanya listrik malam hari, anak-anak bisa belajar dengan nyaman. “Anak-anak kini bisa belajar di malam hari. Kalau tidur dimatikan (listriknya),” ujar Nike.

Nike berharap, hal tersebut bisa memberi peluang bagi generasi muda di pedalaman untuk bersaing di masa depan dengan pelajar lain.

“Selain itu, listrik juga berkontribusi besar dalam peningkatan ekonomi,” tandas Nike. (idr)

Sumber: Merdeka

Advertisement