Ingin Melanjutkan Pendidikan, Anak Aibon Butuh Ortu Asuh

Ingin Melanjutkan Pendidikan, Anak Aibon Butuh Ortu Asuh

Kepala Sekolah (Kepsek) SMP/SMA Terintegrasi Satap Wasur, Merauke, Papua, Sergius Womsiwor

Metro Merauke – Kurang lebih delapan orang anak aibon di Kabupaten Merauke, Papua menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sekolah Satu Atap Terintegrasi Wasur dalam tahun ini.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMP/SMA Terintegrasi Satap Wasur, Sergius Womsiwor  mengatakan, untuk melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi, anak-anak itu butuh orang tua (ortu) asuh untuk membiayai pendidikan mereka nantinya.

“Saya sedang membangun komunikasi dengan beberapa orang tua asuh di Jayapura, yang siap menerima anak-anak dan membiayai pendidikan mereka kejenjang lebih tinggi,” katanya, Senin (15/5).

Menurutnya, meski sudah ada pihak yang bersedia menampung dan mengurus sejumlah anak aibon itu ketika ke Jayapura, namun semua kembali kepada orangtua mereka. Apakah orang tuanya bersedia anak-anak itu dikirim ke Jayapura atau tidak.

“Jika orang tua mereka bersedia, saya akan fasilitasi untuk mengurus dan menghantar anak-anak ke Jayapura,” ujarnya.

Katanya, sebelumnya sudah ada beberapa anak dari Merauke yang ditangani orang tua asuh di Jayapura. Orang tua asuh tidak hanya membiayai sekolah, namun juga kebutuhan mereka sehari-hari.

“Terus terang, saya harus mencari jalan sendiri terkait masa depan anak-anak aibon. Tidak bisa mengharapkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement