KPA Nyatakan di Merauke Ada Kelompok LSL

KPA Nyatakan di Merauke Ada Kelompok LSL

Sekretaris KPA Kabupaten Merauke, Papua, Tuban Sriyono

Metro Merauke – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Merauke, Papua menyatakan, di wilayah itu kini telah hadir kelompok kaum lelaki suka lelaki (LSL).

Sekretaris KPA Kabupaten Merauke, Tuban Sriyono mengatakan, keberadaan kelompok ini diketahui oleh salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat, kemudian langsung melakukan pendampingan.

“Memang kelompok LSL sangat tertutup dan tidak sembarangan orang mendampingi. Hanya ada salah satu LSM yang dipercayai. Kalau wanitia pria (waria), sudah diketahui publik dan tiap bulan mereka melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” katanya, Sabtu (13/5).

Menurutnya, kaum pria yang tergabung dalam kelompok ini tidak tidak hanya menyukai sesama jenis. Ada diantara mereka yang menjalin hubungan atau berpacaran dengan lawan jenis.

“Namun, juga berhubungan dengan sesama jenis. Fenomena ini baru terbongkar dalam dua tahun terakhir. Bisa saja sudah lama, tetapi baru diketahui belakangan ini,” ujarnya.

“Saya mendapat informasi dari teman LSM, kalau dalam kelompok LSL, ada juga siswa SMP. Selama ini, mereka membangun akses lebih banyak dengan para waria,” katanya lagi. (LKF/Arjuna)

Advertisement