Bupati Merauke Perintahkan Tuntaskan Masalah Pendidikan di Senayu

Bupati Merauke Perintahkan Tuntaskan Masalah Pendidikan di Senayu

Pertemuan Kepsek dan Guru Sekolah Satu Atap Senayu dengan Bupati Merauke di Kediaman Bupati, Sabtu (13/5)

Metro Merauke – Kepala sekolah dan guru honorer SMP, SMA Negeri Satu Atap Senayu, Distrik Tanah Miring, Kabupten Merauke, Papua, Sabtu (13/5), menemui bupati setempat, Frederikus Gebze untuk menyampaikan masalah pendidikan yang terjadi di sekolah itu.

Langkah ini merupakan upaya terakhir pihak sekolah, karena selama dua tahun berjuang dan menunggu, tak ada kepastian dan tindakan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Merauke.

Keluhan yang disampaikan yakni tidak adanya gedung sekolah yang representatif. Pihak sekolah harus membangun dua ruangan belajar secara swadaya dari bahan seadanya.

Masalah lain, hanya ada dua guru berstatus aparatur sipil negara (ASN) di sekolah itu. Untuk menutupi kekurangan guru, direkrut guru honorer, namun tidak digaji selama dua tahun.

Menanggapi keluhan itu, Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan, sudah memerintahkan Kepala Dinas P dan K segera menindaklanjuti hal tersebut.

“Saya sudah membuat disposisi kepada Kepala Dinas P dan K. Senayu ini salah satu contoh untuk sekolah di kampung lokal lain. Sekolah ini berada di tengah, sehingga anak-anak dapat menjangkaunya,” kata Bupati Freddy, usai pertemuan di kediamannya.

Tidak hanya kepada kepala dinas terkait, bupati setempat juga memberikan disposisi kepada Sekda Merauke untuk perihal bantuan sarana dan prasarana sekolah, serta kendaraan roda dua.

Kepala Sekolah Satu Atap Senayu, Mikson Notanubun menyatakan, pihaknya sangat puas dapat menyampaikan keluhan mereka kepada bupati, dan orang nomor satu di kabupaten itu langsung menindaklanjutinya.

Selain itu, bupati berjanji akan mengunjungi sekolah yang dipimpinnya, untuk melihat perkembangan setelah ia menurunkan disposisi kepada perangkat pemerintahan dibawahnya.

“Kami difasilitasi rekan-rekan wartawan bertemu bupati. Harapan kami, dengan disposisi itu, perjuangan kami segera ada hasilnya. Dengan begitu, saudara-saudara kita di Senayu mendapat pendidikan dengan fasilitas layak, seperti sekolah lainnya,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement