Ratusan Hektar Padi Masyarakat Lokal Merauke Dipanen

Ratusan Hektar Padi Masyarakat Lokal Merauke Dipanen

Panen Bersama Masyarakat Urumb, Distrik Semangga, Kabupaten Merauke, Papua dengan Pemkab Merauke, Kamis (11/5)

Metro Merauke – Masyarakat Urumb, Distrik Semangga, Kabupaten Merauke, Papua, tersenyum. Kamis (11/5), bersama pemkab dan DPRD setempat, mereka memanen tanam padi masyarakat lokal di sawah seluas kurang lebih 750 hektar.

Ini menandakan, hasil panen masyarakat lokal Urumb kali ini memuaskan. Masyarakat antusias menanam. Hasil panen mereka pun melampaui target yang ditetapkan Dinas Pertanian Merauke.

“Dinas hanya manargetkan panen padi di sawah seluas 250 hektar,” kata Kepala Kampung Urumb, Jacobus Ansanai sebelum panen dilakukan.

Menurutnya, ini menunjukkan kemajuan sektor pertanian di salah satu kampung lokal di Distrik Semangga. Keberhasilan ini tidak lepas dari kolaborasi garap pertanian antar masyarakat lokal dengan warga eks transmigrasi.

“Meski begitu, kami berharap ada bantuan dari pemerintah, supaya masyarakat lebih maksimal dalam bertani,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Distrik Semangga, Jimmy George Rohrohmana mengaku bangga dengan hasil kerja keras masyarakatnya, dalam mengolah sawah.

“Ini sebagai bukti telah terjadi perubahan cara kerja masyarakat, dari meramu dengan pola kerja modern mengolah sawah yang baik,” kata Rohrohmana.

Keberhasilan ini lanjut dia, akan mengubah pandangan warga lokal. Mereka tidak lagi menggali pasir pesisir. Apalagi kawasan Distrik Semangga potensial untuk sektor pertanian.

Kampung Urumb menjadi salah satu kampung percontohan kampung lokal lainnya seperti Matara dan Waninggap Nanggo dalam menggarap sawah.

“Kedepan, warga harus termotivasi menggarap sawah. Ini demi mensukseskan program pemerintah. Menjadikan Kabupaten Merauke lumbung pangan nasional,” imbuhnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement