KMN Mariana 77 Siap Berpetualang di Laut Arafura

KMN Mariana 77 Siap Berpetualang di Laut Arafura

KMN Mariana 77 di Pantai Lampu Satu Ditarik Menggunakan Alat Berat, Kamis (11/5)

Metro Merauke – Pengerjaan Kapal Motor Nelayan (KMN) Mariana 77 milik Romanus Mbaraka, Mantan Bupati Merauke, Papua yang dibeli dari Chamaruddin, seorang nelayan Pantai Lampu Satu, Merauke telah rampung.

Kapal bertonase 29 GT itu, telah ditarik dari lokasi pembuatan ke laut menggunakan alat berat, Kamis (11/5). Rencananya, kapal dioperasikan pekan ini. Mencari gelembung dan sebagai kapal penampung ikan yang dijaring di laut.

Kepada Metro Merauke, Romanus Mbaraka mengatakan, pekan ini, kapal akan mulai beroperasi menangkap ikan. Berpetualang di laut. Menjelajahi Laut Arafura, Asmat hingga Mimika.

“Kapal itu khusus menampung ikan beku campuran. Karena konstruksi palka yang dikerjakan, menggunakan kayu besi, dicor dan difiber terlebih dahulu,” ujarnya.

Kapal dibeli dengan harga Rp300 juta. Namun lantaran kapal harus dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung semisal jaring, pelampung dan lainnya, sehingga total pengeluaran mencapai kurang lebih Rp700 juta.

Kapal memiliki delapan anak buah kapal (ABK) dan seorang nahkoda. Selain mencari ikan, kapal akan membeli hasil tangkapan ikan dari masyarakat di kampung-kampung.

“Saya telah berkoordinasi dan kerjasama dengan beberapa mitra yang akan membeli ikan dari kapal, setelah menangkap ikan di Laut Arafura serta beberapa daerah lain,” katanya.

Ia menyebut, laut Merauke memiliki potensi ikan menjanjikan. Untuk itu, potensi tersebut harus dimanfaatkan dengan baik. (LKF/Arjuna)

Advertisement