Dukung Ahok, PSI Siap Ikut Aksi 1000 Lilin di Merauke

Dukung Ahok, PSI Siap Ikut Aksi 1000 Lilin di Merauke

Ilustrasi aksi 1000 lilin untuk Ahok. Foto: Liputan6.com

Metro Merauke – Partai Solidaritas Indonesia di Merauke, Papua, siap turun jalan bersama warga Bumi Anim Ha, menggelar aksi 1.000 lilin dan doa bersama untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Aksi yang bakal dilangsungkan, Kamis 11 Mei 2017 di depan Kantor Pengadilan Merauke, sebagai bentuk simpati untuk mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Sedari awal, PSI mendukung penuh Ahok. Ini sebagai rasa cinta kami untuk Ahok dari ujung timur Nusantara,” kata Jerry Omona, Ketua Dewan Pimpinan Daerah PSI Merauke, kemarin.

Menurut Jerry, aksi yang diperkirakan dihadiri ratusan orang tersebut, bukan bentuk penolakan terhadap putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta. “Tetapi sebagai simpati warga Merauke atas vonis terhadap Ahok yang sangat tidak adil,” ujarnya.

Ia mengatakan, keadilan dan demokrasi di Indonesia telah mati. “Sangat disayangkan, negeri yang damai ini, sekarang berada di persimpangan jalan,” ucapnya.

Aksi simpatik di Merauke, digagas oleh warga. Sebelumnya, gelaran serupa juga telah dibumikan di Manado, Sulawesi Utara dan Kupang, NTT.

Sementara itu, Ketua Umum PSI Grace Natalie di Jakarta mengatakan, putusan Majelis Hakim terhadap Basuki Tjahaja Purnama dengan vonis 2 tahun atas kasus penodaan agama merupakan bukti matinya keadilan dan kemenangan intoleransi serta radikalisme di Indonesia.

“Kami Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung upaya Ahok untuk mencari keadilan melalui proses banding ke Pengadilan Tinggi,” katanya.

Grace sependapat dengan ahli hukum dan pembela hak asasi manusia Todung Mulya Lubis yang menyebutkan putusan Majelis Hakim atas Ahok bisa disebut sebagai “pembunuhan ” (“an overkill”). “Karena Jaksa tidak menuntut Ahok untuk penistaan agama. Majelis Hakim yang menyeret Ahok menjadi penista agama, ” kata Grace.

Atas dasar itu, menurut Grace, PSI mendesak Komisi Yudisial memeriksa majelis hakim yang menangani kasus Ahok. “Melakukan audit atas vonis yang kini menjadi pertanyaan banyak orang, termasuk para ahli hukum,” kata Grace. “PSI siap dan akan setia berjuang di sisi Ahok, untuk mencari keadilan,” Grace menambahkan. (Nuryani/Arjun)

Advertisement