Saat Bendera Merah Putih Panjang Iringi Jokowi Temui Warga Papua

Saat Bendera Merah Putih Panjang Iringi Jokowi Temui Warga Papua

Bendera merah-putih panjang iringi kedatangan Jokowi di Papua | Bagus Prihantoro/detikcom

Metro Merauke – Hujan menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan rombongan di Bandara Sentani, Jayapura, Papua, kemarin. Hujan itu pun mengiringi kepergian Jokowi dari Halmahera sebelumnya.

Jokowi dan rombongan bertolak dari Halmahera pada Selasa, 9 Mei 2017. Kondisi cuaca sempat menunda penerbangan Jokowi sehingga baru tiba di Jayapura pada pukul 10.53 WIT. Setelah itu, Jokowi langsung menuju perbatasan RI-Papua Nugini di Skouw. Waktu tempuh menuju tempat itu adalah 2 jam jika dalam perjalanan normal.

Tapi bukan Jokowi namanya bila tak menghentikan perjalanan untuk sekadar membagi-bagikan buku dan kaus kepada warga. Walau dikawal polisi, waktu tempuh Jokowi dan rombongan ke lokasi menjadi lebih dari 2 jam.

Mobil RI-1 Jokowi melintasi jalanan di Papua | Foto: Bagus Prihantoro/detikcom

Anak-anak berlarian mendekati mobil Jokowi. Tak ketinggalan para guru, sopir angkot, penjaga warung, dan lainnya juga mendekat.

Jokowi dan rombongan baru melaju cepat ketika memasuki perbukitan tempat warga tak tampak menunggu. Jalan di perbukitan berkelok-kelok dan terbilang sempit.

Rupanya di tengah perbukitan itu masih ada warga yang menunggu Jokowi melintas. Mereka bahkan membentangkan kain merah-putih yang panjangnya hampir 1 kilometer. Anak-anak, tua, dan muda semua memegang kain itu agar tetap terbentang.

Anak-anak membentangkan bendera merah-putih sepanjang 1 km di Papua | Foto: Bagus Prihantoro/detikcom

Tapi tentu saja ada yang melepasnya untuk mendapatkan buku atau kaus dari Jokowi. Senyum dan tawa riang terdengar saat mereka mendapatkannya.

Jokowi dan rombongan akhirnya baru tiba di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw sekitar pukul 14.30 WIT. Acara langsung dimulai.

Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Papua | Foto: Bagus Prihantoro/detikcom

“Karena merupakan beranda terdepan Indonesia seperti di mana kita berada saat ini di Skouw, harus menjadi kebanggaan kita semuanya, kebanggaan masyarakat Papua dan kebanggaan Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi berada di Skouw selama sekitar 1 jam dan langsung menuju lokasi pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Menkes Nila F Moeloek, Mendikbud Muhadjir Effendy, dan Mensos Khofifah Indar Parawansa sudah berada di lokasi.

Sekitar 30 menit dia di sana dan tetap menyempatkan diri menyalami warga. Jokowi langsung menuju lokasi pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) untuk meresmikan proyek yang nantinya bisa menerangi Papua.

Sepeda yang siap-siap dibagikan Jokowi | Foto: Bagus Prihantoro/detikcom

Setelah itu, Jokowi langsung ke lokasi pembagian sertifikat tanah kepada ratusan warga Papua. Jokowi memberikan sambutan singkat dan langsung membagi-bagikan sepeda.

“Semua kanwil sekarang ada targetnya, semua kantor BPN ada targetnya, dan rakyat yang nggak dilayani lapor saya kalau pelayanan kurang baik laporkan ke saya. Saya ingin semua rakyat dilayani dengan baik dalam segala pelayanan, utamanya dalam sertifikat,” ucap Jokowi.

Jokowi dan rombongan baru masuk hotel pada malam hari karena padatnya agenda. Pagi ini, Rabu (10/5), Jokowi dijadwalkan meninjau Pasar Mama-mama Papua di Jayapura sebelum bertolak ke Wamena. (bag/dkp)

Sumber: Detik

Advertisement