Pemuda Merauke Tolak  Kehadiran HTI

Pemuda Merauke Tolak Kehadiran HTI

Pengurus DPD KNPI Merauke, Papua, Pengurus Assosiasi Pemuda Cinta Damai dan Pengurus Sejumlah OKP

Metro Merauke – Pemuda Kabupaten Merauke, Papua yang bernaung dalam wadah DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Merauke dan Assosiasi Pemuda Cinta Damai menyatakan sikap, menolak keberadaan kelompok Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di daerah kabupaten itu.

Ketua KNPI Merauke, Hendrikus Mahuze, didampingi sejumlah ketua OKP mengatakan, pihaknya berharap pemerintah setempat dan aparat keamanan, bertindak cepat menghentikan pergerakan HTI, agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Ada informasi, organisasi ini sudah ada di Merauke. Sempat mengibarkan bendera bertuliskan kalimat berbahasa Arab di sekitar Lingkaran Brawijaya. Sebagai langkah antisipatif, aparat keamanan perlu menyelidiki sejauh mana pergerakan HTI,” katanya dalam konferensi pers di Sekretariat KNPI Merauke, Rabu (10/5).

KNPI bersama Assosiasi Pemuda Cinta Damai Merauke sejalan dengan pemerintah. Menolak kelompok HTI. Kelompok ini dinilai berseberangan dengan ideologi NKRI. Mengancam keutuhan bangsa.

“Pernyataan sikap ini ditujukan kepada pemkab. Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik agar mencabut izin terdaftar jika telah mendaftarkan organisasi HTI,” ujarnya.

Selain itu, Polres Merauke diingatkan perlu mendeteksi sejauh mana pergerakan HTI di Merauke. Masyarakat diminta tidak terprovokasi jika ada gerakan yang memancing perpecahan. Tetap menjaga keutuhan NKRI di Bumi Anim Ha dengan motto Izakod Bekai-Izakod Kai.

Koordinator Assosiasi Pemuda Cinta Damai, Syamuhar M Sein Ongeo Gebze menyampaikan, pihaknya dan sejumlah OKP lain di Merauke tidak menolak secara agama. Tapi menolak, karena kelompok ini pergerakannya mengancam keutuhan NKRI.

Pancasila, menurutnya, adalah rumusan para pendiri bangsa. Dasar negara. Sudah menjadi tugas dan kewajiban pemuda di seluruh tanah air, tetap menjaga dan mempertahankannya dari gangguan ideologi lain. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement