KM Sabuk Nusantara 65 akan Jelajahi Wilayah Pedalaman Merauke

KM Sabuk Nusantara 65 akan Jelajahi Wilayah Pedalaman Merauke

KM Sabuk Nusantara 65

Metro Merauke – KM Sabuk Nusantara 65 akan menjelajahi wilayah perairan di pedalaman Merauke, Papua. Daerah yang selama ini tidak terjangkau pelayaran komersil.

Kehadiran KM Sabuk Nusantara 65 dalam waktu dekat, memberi kemudahan jangkauan transportasi laut kepada warga di wilayah pedalaman Merauke. Pemerintah mensubsidi harga tiketnya.

Nanti, pengelolaan operasional kapal dipercayakan Pemkab Merauke kepada PT Luas Line. Pihak yang memenangkan tender.

Kepala operasi PT Luas Line, Muhammad Tri Widiarso kepada wartawan mengatakan, KM Sabuk Nusantara 65 disiapkan untuk melayani jalur pelayaran perintis.

“Rute yang akan dilayani yakni dari Merauke ke Kimaam, Bayun, Atsy, Sagoni, Ecy, Kanami, Jinak, Binam dan Senggo. KM Sabuk Nusantara 65 akan pulang pergi ke sejumlah wilayah itu,” ujarnya, Rabu (10/5).

Menurutnya, kini kapal berkapasitas 200 penumpang itu, berada di Tual. Dalam waktu dekat, akan tiba di Merauke dan langsung diserah terimahkan kepada instansi terkait.

“Kapal dari Batam. Sekarang berada di Tual karena kini ombak sedang tidak bersahabat. KM Sabuk Nusantara 65 sekaligus melakukan pengisian bahan bakar. Setelah cuaca normal, kapal segera belayar ke Merauke,” katanya.

Kehadiran KM Sabuk Nusantara 65 dinilai tepat. Dapat mendukung kelancaran transportasi laut masyarakat. Masyarakat akan lebih aman dan nyaman. Apalagi harga tiket kapal disubsidi pemerintah.

“KM Sabuk Nusantara 65 ini untuk menggantikan rute kapal Bimas Raya, yang akan menjalani perawatan tahun ini di Surabaya,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement